Pemerintah Bidik Inflasi jadi 3% di 2020

Annisa ayu artanti    •    Senin, 22 Jan 2018 13:19 WIB
inflasipertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Pemerintah Bidik Inflasi jadi 3% di 2020
Menko Perekonomian Darmin Nasution (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Pemerintah terus melakukan upaya penekanan laju inflasi nasional. Sampai dengan 2020, pemerintah menargetkan inflasi nasional berkisar tiga persen. Target inflasi itu diharapkan bisa mendukung penguatan fundamental perekonomian termasuk mewujudkan pemerataan kesejahteraan di masa mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan pemerintah menginginkan posisi inflasi Indonesia tidak jauh berbeda dengan negara lain. Khususnya dengan negara-negara yang menjadi mitra dagang.

"Mulai 2020 dia (inflasi) akan menjadi tiga plus minus satu," kata Darmin, saat usai rapat Tim Nasional Pengendalian Inflasi (TPID), di Kantor Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin, 22 Januari 2018.

Darmin mengklaim posisi inflasi terus turun. Tahun lalu pemerintah menargetkan inflasi sebesar empat persen plus minus satu. Sementara tahun ini sekitar 3,5 persen dengan ralat satu persen.

"Kalau tadinya sampai tahun lalu inflasi kita itu secara nasional kita targetkan empat plus minus satu persen. Mulai tahun ini menjadi 3,5 plus minus satu," sebut dia.

Lalu terkait upaya untuk menekan inflasi tersebut, Darmin belum bisa menjelaskan secara rinci. Sebab, pertemuan mengenai pengendalian inflasi ini masih awal dan perlu beberapa pendalaman lagi dengan daerah.

"Kita belum membahas nanti akan ada cara untuk itu. Nanti kita undang daerah," pungkas dia.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

4 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA