Jokowi Pilih Robert karena Pengalaman di Reformasi Perpajakan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 30 Nov 2017 22:15 WIB
perpajakan
Jokowi Pilih Robert karena Pengalaman di Reformasi Perpajakan
Dirjen Pajak Robert Pakpahan. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Jakarta: Presiden Joko Widodo menunjuk Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak baru pengganti Ken Dwijugiasteadi yang masuk usia pensiun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemilihan Robert didasari pengalaman di bidang reformasi perpajakan. Robert pernah menjabat sebagai Direktur Transformasi Bisnis DJP.

"Pak Presiden mempercayakan kepada Pak Robert karena kami percaya dengan pengalaman dan pemahaman di bidang perpajakan dalam kapasitas jabatan sebelumnya, serta pengalaman di dalam menjalankan reformasi perpajakan akan cukup kuat untuk membekali dalam menjalankan tugas," kata Ani dalam pelantikan di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis, 30 November 2017.

Dengan pengalaman yang dimiliki Robert, Ani ingin, agar Robert bisa memperbaiki bisnis proses di lingkungan DJP. Perbaikan yang dilakukan, mulai dai perbaikan disiplin pegawai pajak, sistem informasi hingga data based sebagai bagian dari reformasi perpajakan.

Dalam kariernya di DJP, Robert terlebih dahulu pernah ditempatkan sebagai Tenaga Pengkaji bidang Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak pada 2003 hingga 2005.

Setelah itu, pria yang lahir pada 20 Oktober 1959 ini diangkat menjadi Direktur Potensi dan Sistem Perpajakan hingga 2006, dan ditugaskan sebagai Direktur Transformasi Proses Bisnis DJP.

Pada 2011, dirinya dilantik menjadi Staf Ahli bidang Penerimaan Negara dan pada 2013 dipercaya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Utang yang sekarang berganti nama menjadi Dirjen PPR.

"Saya ingin Pak Robert dengan pengalaman sebelum ini, yakni sebagai ketua tim reformasi 10 tahun lalu, bisa memperbaiki business process di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak," jelas dia.


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA