Sri Mulyani: Batas Defisit 3% Masih Kuat Menopang Kebutuhan Belanja Pemerintah

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 11 Jul 2017 18:25 WIB
defisit anggaran
Sri Mulyani: Batas Defisit 3% Masih Kuat Menopang Kebutuhan Belanja Pemerintah
Menkeu Sri Mulyani MTVN/Suci.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai batas defisit anggaran saat ini sebesar tiga persen masih menjadi angka yang ideal untuk menopang seluruh belanja pemerintah.

Hal ini merespons adanya pembicaraan mengenai pelonggaran defisit demi kebutuhan pembangunan, utamanya untuk infrastruktur yang datang dari DPR dan dimungkinkan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution.

"Selama ini defisit tiga persen masih bisa mewadahi atau memenuhi kebutuhan dari Indonesia untuk menjalankan berbagai macam program, apakah infrastruktur  yang sangat mendesak dan belun terbangun tepat waktu atau fasilitas lainnya,"kata Ani, sapaan akrabnya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juli 2017.

baca : Darmin Memungkinkan Pelonggaran Batas Defisit Anggaran Lebih dari 3%

Lagi pula, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bilang, jika melihat kinerja anggaran pendapatan dan belanja (APBN) selama kurang lebih dua tahun terakhir, masih banyak belanja-belanja yang belum terserap.

Ani menyatakan, yang paling penting, kata dia yakni bagaimana pemerintah merancang belanja sebaik mungkin sehingga eksekusinya bisa berjalan dengan optimal sesuai kapasitas untuk membelanjakan.

Menurut dirinya, jika nantinya batas defisit dinaikkan secara cepat namun tidak dilakukan perencanaan secara matang, maka yang terjadi APBN besar namun penyerapannya tidak maksimal.

"Jadi kalau mau revisi kan harus ada proses. Jadi tidak berarti wacana, langsung terjadi," jelas dia.

 


(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA