Indonesia–Yordania Dorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi

Angga Bratadharma    •    Kamis, 11 May 2017 21:06 WIB
indonesia-yordania
Indonesia–Yordania Dorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi
Suasana terbentuknya Indonesia-Jordan Business Council (IJBC) (Foto: dokumentasi Kadin Indonesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hubungan kerja sama bilateral ekonomi antara Indonesia dan Yordania dinilai memiliki hubungan yang cerah. Pasalnya Yordania dapat menjadi penghubung akses produk Indonesia ke negara-negara Arab lainnya.

Ketua Indonesia-Jordan Business Council (IJBC) Mayra Andrea berharap, dengan terbentuknya IJBC dapat memberikan fasilitasi para pelaku usaha di antara kedua negara sehingga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama bilateral. Nantinya diharapkan memberi efek positif terhadap perekonomian.

"Adapun kerja sama bilateral itu di sektor perdagangan, ekspor dan impor, pariwisata dan investasi," ungkap Mayra, yang juga merupakan pengusaha keturunan Indonesia-Yordania, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Kamis 11 Mei 2017.

Dia mengatakan, para pelaku Indonesia perlu menjajaki peluang tujuan ekspor ke negara-negraa non-tradisional seperti Yordania yang berada di kawasan Timur Tengah. "Kami akan mulai memikirkan agar masing-masing pihak bisa memiliki warehouse atau gudang khusus produk-produk Indonesia di Yordania," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Komite Timur Tengah Fachry Thaib mengatakan selama ini memang ada hambatan-hambatan perdagangan dengan yordania. Akan tetapi hambatan tersebut harus diolah supaya bisa dikurangi.

"Solusi untuk hambatan perdagangan dapat dibicarakan oleh kementerian terkait dan juga oleh pemerintah di antara kedua negara," ungkap Fachry.

Seperti diketahui biaya transportasi dinilai masih tinggi, sehingga produk Indonesia turun daya saing jika dibandingkan dengan negara-negara yang lebih dekat ke Yordania, seperti India, Pakistan atau Bangladesh. Di sisi lain, potensi bisnis ke Yordania dinilai cukup menjanjikan karena dapat menjadi hub bagi negara-negara Arab.

 


(ABD)