Sri Mulyani: Ingin Punya Negara Keren, Kita Harus Bayar Pajak

Desi Angriani    •    Jumat, 11 Aug 2017 11:06 WIB
pajak
Sri Mulyani: Ingin Punya Negara Keren, Kita Harus Bayar Pajak
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati lagi-lagi memberikan pemahaman tentang membayar pajak kepada para pelajar. Tak cuma hadir secara langsung sebagai pembicara, tapi Sri juga menggunakan sosial media untuk menumbuhkan kesadaran membayar pajak sejak dini.

Kali ini Sri terhubung lewat sejumlah monitor dengan siswa SD dari Ende, Nusa Tenggara Timur dan siswa SMP-SMA dari Semarang, Jawa Tengah. Interaksi antara menteri keuangan dan pelajar tersebut disiarkan langsung melalui live instagram dan dilihat oleh ribuan followers Sri Mulyani di akun @smindrawati.

Dalam pemaparannya, Sri mengatakan masyarakat harus berkontribusi untuk membangun negara lewat sebagian kecil pendapatannya. Pajak ini nantinya digunakan pemerintah untuk membangun jalan raya, sekolah, universitas, rumah sakit, hingga membayar gaji pegawai negeri sipil.

"Menyumbang bersama itu namanya pajak yang digunakan untuk bangun sekolah, bayar guru, dan bangun jalan, serta buat fasilitas kesehatan dan taman bermain itu butuh uang karena negara dapat itu dari sumbangan masyarakat mereka menyumbang dengan bayar pajak," kata Sri dalam live di akun instagramnya, Jumat 11 Agustus 2017.


Menkeu Sri Mulyani saat live di jejaring sosial medianya. (FOTO: MTVN/Desi)

Negara tanpa sumbangan pajak dari rakyatnya, lanjut Sri, tak akan mampu berdiri dan bersaing dengan negara lain. Jika di zaman kolonial para petani menyumbangkan hasil kebunnya kepada para penjajah. Di zaman kemerdekaan, rakyat menyumbangkan sedikit pendapatannya untuk membangun negara bukan memperkaya negara penjajah seperti dahulu kala.

"Kalau warga tak berkontribusi negara tak punya sumber pendapatan, kalau kalian ingin memiliki negara keren itu tak datang dengan sendirinya itu hasil kerja keras rakyat lewat pajak dan juga  jerih payah para pejuang buat negara merdeka," imbuhnya.

Sri menambahkan, warga yang mencintai Indonesia sebagai negaranya pasti akan membayar pajak. Pemerintah sebagai penyelenggara negara akan mempergunakan pajak untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dan dana pendidikan, khususnya membangun sekolah dan jalan yang layak di wilayah yang belum terjangkau sepenuhnya.

"Nanti uang pajaknya kita pakai untuk membangun sekolah di Ende dan wayah yang bum terjangkau, untuk bantu warga miskin, beasiswa dan sebagainya," tandas Sri.


(AHL)