Kementerian Lembaga pun Harus Sadar Pajak

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 09 Nov 2018 10:34 WIB
pajakkementerian lembaga
Kementerian Lembaga pun Harus Sadar Pajak
?Kementerian Lembaga pun Harus Sadar Pajak. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama dengan Direktorat Jenderal Pajak berupaya membangun dan menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan pajak kepada seluruh anggota masyarakat. Upaya ini dilakukan dengan menggandeng berbagai kalangan termasuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Nota Kesepahaman dilakukan antara Kemenkeu dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, dan Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ditjen Pajak juga memperluas kerja sama pendidikan pajak dengan Universitas Terbuka, Pusat Data dan Informasi Ilmiah LIPI, serta Direktorat Jenderal Pengembangan Ristek, Kemenristekdikti.

"Edukasi dan pemahaman pentingnya pajak dan kesadaran membayar pajak bagian dari strategi kami semua untuk meningkatkan penerimaan negara yang akan kembali ke masyarakat juga," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat, 9 November 2018.

Penandatanganan naskah Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini diikuti dengan kegiatan Pajak Bertutur yang dilaksanakan serentak di seluruh unit kerja Ditjen Pajak di seluruh Indonesia di mana petugas pajak melakukan sosialisasi langsung di sekolah kepada anak-anak peserta didik.

Baca: Pajak Bertutur, Edukasi Peran Pajak Sejak Dini

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari puncak rangkaian acara Pekan Inklusi Kesadaran Pajak 2018 yang dilaksanakan pada 5-9 November 2018 dalam rangka peringatan Hari Pajak dan Kampanye Program Inkusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan.

Rangkaian acara yang dilaksanakan termasuk perlombaan lagu daerah bermuatan sadar pajak serta lomba penyusunan kurikulum Rencana Pembelajaran Semester bermuatan kesadaran pajak. Selain itu dilaksanakan juga bedah buku, workshop penulisan bagi mahasiswa, workshop dekat dengan UMKM, serta kunjungan anak-anak sekolah dasar ke galeri Kantor Pusat Ditjen Pajak.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pemahaman masyarakat tentang manfaat dan peranan pajak dalam pembangunan serta dukungan pemangku kepentingan dalam menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini melalui pendidikan," kata Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan.

 


(AHL)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

21 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA