Komisi XI Sepakat Anggaran Kemenkeu Dipangkas Rp363 Miliar

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 11 Jul 2017 19:46 WIB
kementerian keuangan
Komisi XI Sepakat Anggaran Kemenkeu Dipangkas Rp363 Miliar
Illustrasi. MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi XI DPR RI menyetujui self blocking atau pemangkasan anggaran di Kementerian Keuangan sebesar Rp363,6 miliar. Peningkatan efesiensi tersebut terutama dalam bentuk belanja barang.

Keputusan itu disahkan dalam rapat kerja dengan Kementerian Keuangan untuk pembahasan perubahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL).

"Komisi XI dan Menkeu sepakat bahwa efisiensi disetujui sebesar Rp363,6 miliar dalam APBNP 2017," ujar Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng di Ruang Rapat Komisi XI, Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 11 Juli 2017.

baca : Sri Mulyani: Batas Defisit 3% Masih Kuat Menopang Kebutuhan Belanja Pemerintah

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan, efesiensi dilakukan untuk meningkatkan kualitas belanja negara dalam APBN 2017. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo  Nomor 4 tahun 2017. Dimana Kementerian/Lembaga diminta mengambil langkah efesiensi sesuai tugas dan fungsi kewenangan masing-masing.

"Kami akan terus melakukan efesiensi dan menjadi contoh bagi lembaga lain dalam perencanaan dan efesiensi," ujar Sri.

Adapun fokus penghematan dilakukan terhadap belanja barang antara lain; perjalanan dinas dan paket meeting, honorarium tim pelaksana kegiatan, belanja operasional perkantoran, belanja jasa, belanja pemeliharaan, belanja barang operasional dan non operasional.

Dalam rapat kerja K/L, Kemenkeu melalukan self blocking di smeua unit dengan rincian, sekretaris jenderal Rp 42,43miliar, inspektorat jenderal Rp 2,802 miliar, ditjen anggaran Rp 2,92 miliar, Ditjen Pajak Rp 170 miliar, ditjen bea cukai Rp70,81 miliar, ditjen perimbangan Rp3,972 miliar, ditjen pengelolaan pembiaaan dan risiko Rp 2,71 miliar, ditjen perbendaharaan Rp29,17 miliar, ditjen kekayaan negara Rp14,39 miliar, BPPK Rp19,23 miliar dan BKF Rp5,129 miliar.


 


(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA