BI: Inflasi Capai 0,02% di Pekan Kedua Agustus

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 11 Aug 2017 14:28 WIB
inflasibank indonesia
BI: Inflasi Capai 0,02% di Pekan Kedua Agustus
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat tingkat inflasi sampai dengan pekan kedua Agustus adalah 0,02 persen. Berdasarkan survei Indeks Harga Konsumen (IHK) oleh BI menunjukan inflasi secara year on year mencapai sebesar 3,91 persen.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, inflasi hingga pertengahan tahun ini masih dalam kondisi yang baik. Jika mampu dipertahankan maka inflasi akan sesuai dengan target yaitu empat plus minus satu persen.

"Bahkan bisa di empat persen, atau lebih rendah dari empat persen," kata Agus, ditemui di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 11 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, beberapa komponen penyumbang inflasi justru mengalami deflasi pada awal bulan ini. Misalnya saja angkutan udara, angkutan kota, serta bawang putih yang mengalami inflasi hingga pekan kedua Agustus.



Sementara itu, beberapa harga bahan pokok masih menunjukan inflasi di pekan kedua Agustus ini. Meski begitu Agus meyakini jika koordinasi untuk mengendalikan inflasi hingga akhir tahun ini berjalan dengan baik.

"Kalau terkait inflasi itu ada daging ayam dan telur ayam. Tetapi kami sambut baik upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi. Kemarin memang inflasi ramadan berjalan baik kita berharap ini bisa terjaga," jelas dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada bulan Juli 2017 sebesar 0,22 persen. Secara tahun kalender atau year to date (ytd) mengalami inflasi sebesar 2,60 persen dengan inflasi secara tahun ke tahun atau year on year (yoy) sebesar 3,88 persen.

 


(ABD)