BI Perkirakan Inflasi Capai 4,36% di 2017

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 13 Jun 2017 08:15 WIB
inflasibank indonesia
BI Perkirakan Inflasi Capai 4,36% di 2017
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) merevisi prediksi mengenai target capaian inflasi sepanjang 2017. Adapun revisi tingkat inflasi dilakukan dengan melihat situasi dan kondisi perekonomian sekarang ini, termasuk sejumlah indikator penyebab terjadinya inflasi.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, jika pada kajian April lalu inflasi di akhir tahun diprediksi mencapai 4,63 persen maka berdasarkan kajian Mei inflasi 2017 bisa mengalami penurunan ke posisi 4,36 persen.

"Di Mei itu (tingkat inflasi kita perkirakan) turun menjadi 4,36 persen," kata Agus, di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Senin 12 Juni 2017.

Mantan Menteri Keuangan ini menambahkan, penurunan tersebut terjadi karena terkendalinya harga pangan dan juga dampak dari penyesuaian tarif listrik yang tak seperti dibayangkan. "Makanya inflasi agak lebih rendah," ujar dia.

Namun demikian, lanjut Agus, angka tersebut masih bisa berubah seiring situasi dan kondisi perekonomian. Dia menyatakan, BI masih akan lihat perkembangannya dalam pembahasan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada bulan ini. Adapun Bank Indonesia membuat perkiraan bahwa inflasi tahun ini ada pada level empat plus minus satu persen.

Sebelumnya, BI bersama dengan pemerintah meluncurkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) dalam rangka memantau harga pangan yang sering mengalami gejolak. Adapun langkah ini menjadi penting dilakukan yang salah satunya dengan harapan bisa menjaga pergerakan inflasi yang dikontribusikan dari harga pangan.

Peluncuran ini dilakukan oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo dan turut disaksikan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA