Pengusaha Sudah Tak Takut Lagi Bayar Pajak

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 13 Mar 2018 15:05 WIB
pajak
Pengusaha Sudah Tak Takut Lagi Bayar Pajak
Perpajakan. ANT/Andreas Fitri Atmoko.

Jakarta: Sebanyak 31 Wajib Pajak (WP) meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. Mereka dianggap paling banyak berkontribusi untuk penerimaan pajak tiap tahunnya, khususnya pada sepanjang 2017. 

Seperti diketahui, ‎31 WP Besar menyumbang penerimaan pajak sebesar Rp361,84 triliun di tahun lalu. Sebanyak 31 WP besar ini terdaftar di kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar. 

Mereka itu terdiri dari lima WP KPP Wajib Pajak Besar Dua, enam WP dari masing-masing KPP Wajib Pajak Besar Satu dan KPP Wajib Pajak Besar Tiga dan 14 WP dari KPP Wajib Pajak Besar Empat.

Dari 31 WP, ada dua WP yang mengutarakan kebahagiaannya karena memperoleh penghargaan dari Ditjen Pajak yang merupkan wakil dari Kementerian Keuangan. Sosok yang pertama mengungkapkan adalah ‎Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir.

Menurut dia, penghargaan itu merupakan tanda keberhasilan reformasi perpajakan. Sebab, dulu dirinya merasa takut dengan Ditjen Pajak, tapi dengan adanya reformasi, maka pria yang akrab disapa Boy ini sudah tidak merasa ketakutan.

"Saya lihat bahwa transformasi teman di Ditjen Pajak luar biasa. Dirjen Pajak silih berganti dulu saya takut, sekarang saya minta waktu ke Pak Robert untuk meminta gambaran ke depan seperti apa," kata Boy, ‎ditemui di Kanwil DJP WP Besar Sudirman, Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Boy berharap penuh agar Ditjen Pajak bisa memberikan 'karpet merah' kembali kepada WP yang patuh pada pajak. Dia juga berpesan, agar lembaga yang dinaungi oleh Robert Pakpahan itu bisa membimbing dengan benar para pengusaha yang belum taat dengan pajak.

"Teman-teman di pengusaha dan perusahaan suka bilang, kami kalau bisa jangan dikejar-kejar, tapi didekati diberi penjelasan dilobi. Sehingga kami mengerti ini kewajiban dan kami ingin negara ini bisa lebih besar lagi," jelas Boy.

Ditempat yang sama, Founder dari ‎PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) Eddy Kusnadi Sariaatmadja berharap agar pengusaha dan perusahaan tidak takut diburu Ditjen Pajak. Ketakutan ini bisa mempengaruhi produktivitas dan bisnis mereka ke depannya yang pada akhirnya, bisa mengurangi penerimaan pajak.

Meski begitu, Eddy menekankan, Ditjen Pajak sudah berhasil memberikan kesan yang tak menakutkan bagi WP pada saat ini. Hal itu tercermin dari keberhasilan program pengampunan pajak (tax amnesty) yang telah berjalan belakangan ini.

"‎Pengusaha waktu itu stres dan bingung, ini trik apa lagi yang dilakukan. Saya melihat trust terhadap Ditjen Pajak sangat rendah waktu itu. Tapi menurut kami sifat melayani inilah yang membuat WP semakin patuh terhadap pajak. Pada akhirnya, kami (pengusaha) mau ikut tax amnesty yang dijalankan pemerintah," tutup bos besar dari perusahaan televisi yang berada di bawah naungan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).‎





(SAW)