Menkeu: IMF-World Bank Meeting Bukanlah Pesta yang Hamburkan Uang

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 10 May 2018 20:54 WIB
imf-world bank
Menkeu: IMF-World Bank <I>Meeting</I> Bukanlah Pesta yang Hamburkan Uang
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Instagram Sri Mulyani

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta para pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan untuk menjelaskan pada masyarakat terkait agenda IMF-World Bank Annual Meeting 2018 yang akan digelar di Bali, Oktober mendatang.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat pelantikan 366 pejabat eselon III Kementerian Keuangan. Dirinya mengatakan demikian karena hingga kini masih ada masyarakat yang menganggap negara menhambur-hamburkan uang untuk agenda tersebut.

"Ini adalah suatu tugas yang pencalonannya dilakukan oleh pemerintah sejak lama. Anda diminta menjelaskan pada publik, ini bukan pesta, bukan penghamburan uang," kata Ani seperti dikutip, Kamis, 10 Mei 2018.

Ani meminta jajarannya untuk ikut menjelaskan bahwa saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pemerintah menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah. Proses untuk menjadi tuan rumah pun tidak mudah karena memerlukan waktu yang panjang dan harus bersaing dengan banyak negara.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini ingin menegaskan bahwa terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah bukanlah secara tiba-tiba, namun telah melalui proses yang panjang. Lagi pula, Indonesia juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari gelaran acara tersebut.

Oleh karenanya dirinya juga meminta pada seluruh pegawai Kementerian Keuangan agar bertindak sebagai tuan rumah yang baik dalam momen besar tersebut.

"Saya harap tim Kemenkeu bisa bersinergi dan bertanggung jawab secara efisien dan tidak menghambur-hamburkan uang dan waktu," jelas dia. 

Sejauh ini dari pernyataan yang dikeluarkan, anggaran yang dibutuhkan untuk menggelar acara tersebut sebesar sekitar Rp800 miliar yang mana  Rp672,9 miliar menggunakan pagu anggaran Sekretariat Jenderal Kemenkeu dan sisanya berasal dari Bank Indonesia.



(SCI)