Menkeu Dorong Target Penerimaan Bea Cukai Tercapai

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 08 Nov 2017 19:09 WIB
bea cukai
Menkeu Dorong Target Penerimaan Bea Cukai Tercapai
Menkeu Sri Mulyani. MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menekankan pada jajaran Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan agar bekerja keras di sisa waktu 1,5 bulan menuju akhir tahun dalam mengamankan target penerimaan bea cukai sebesar Rp189,14 triliun dalam APBNP 2017.
 
Dalam acara Rakergab Bea Cukai, dirinya mengetahui bahwa penerimaan cukai hingga saat ini, dari target Rp153,16 triliun baru terkumpul Rp98,41 triliun. Namun dia percaya itu bisa dioptimalkan dalam masa-masa akhir.
 
"Kita masih bisa meningkatkan penerimaan cukai. Saya harap dalam 1,5 bulan, enggak ada Rp1 pun enggak tercapai," kata Ani sapaan akrabnya di kantor pusat, DJBC, Jakarta Timur, 1 November 2017.
 
Adapun, untuk bea masuk dan bea keluar, data Badan Pusat Statistik (BPS) kuartal III menunjukkan adanya pertumbuhan yang signifikan dari kegiatan ekspor dan impor melebihi ekspektasi yang mana masing-masing tumbuh 17,27 persen dan 15,09 persen.
 
Dia menambahkan, pertumbuhan impor menjadi angin segar bagi penerimaan bea masuk bagi bea cukai, begitu juga dengan pertumbuhan ekspor berdampak baik bagi bea keluar.
 
"Ekspor impor dulu tumbuhnya negatif, sekarang cukup surprise, bagi bea cukai tentu itu bagus, itu bisa menutup cukai yang nampaknya memiliki rintangan yang cukup terjal karena adanya rokok ilegal," jelas dia.
 
Adapun hingga 7 November, penerimaan bea cukai mencapai Rp130,12 triliun atau 62,76 persen dari target. Untuk bea masuk realisasinya sebesar Rp28,55 triliun dari target Rp33,27 triliun, dan bea keluar Rp3,15 triliun dari target Rp2,70 triliun.



(SAW)