Lewat Utang, Kemenkeu akan Pertahankan Defisit APBNP 2016

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 19 Sep 2016 20:07 WIB
defisit anggaran
Lewat Utang, Kemenkeu akan Pertahankan Defisit APBNP 2016
Illustrasi. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat ada pelebaran defisit sebesar 0,2 persen dari defisit sebelumnya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016 sebesar 2,35 persen.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara mengatakan salah satu upaya untuk menambal defisit anggaran tahun ini ialah dengan cara penerbitan surat utang atau menambah pinjaman luar negeri dengan biaya tambahan sebesar 2,5 persen atau sekitar Rp17 triliun.

"Kalau (melebar) 2,7 persen, tambah Rp20 triliun. Mungkin sekitar segitu," ujar Suahasil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2016).

Ia memperkirakan pelebaran defisit akan berada di kisaran 2,5 sampai 2,7 persen terhadap PDB. Suahasil mengatakan pemerintah akan melakukan berbagai cara agar posisi defisit tidak terlalu mendekati batas dalam ketentuan dalam UU negara sebesar tiga persen terhadap PDB.

Selain itu, untuk kekurangan penerimaan sendiri, Suahasil menjelaskan masih tetap berada pada kisaran Rp219 triliun. Pihaknya akan mencermati penerimaan perpajakan sebelum membuat kebijakan selanjutnya.

"Kami akan perhatikan tiap bulan. Berapa penerimaan pajak, berapa cukai, berapa pengeluarannya, outlook bulan ini seperti apa," tegasnya.



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA