Kondisi Makro Ekonomi Indonesia Diharapkan Dukung Kinerja Perbankan

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 07 Feb 2018 14:39 WIB
ekonomi indonesia
Kondisi Makro Ekonomi Indonesia Diharapkan Dukung Kinerja Perbankan
Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo. MI/RAMDANI.

Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berharap kondisi makro ekonomi Indonesia yang cukup baik tahun ini akan mampu menopang kinerja perbankan. Setelah melambat dalam beberapa tahun terakhir, industri perbankan diharapkan dapat tumbuh lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

"Didukung oleh kondisi makroekonomi seperti konsumsi domestik recovery, mata uang dan likuiditas stabil, pertumbuhan pinjaman dan deposit akan lebih tinggi dan rasio NPL akan mulai menurun secara bertahap," kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, 7 Februari 2018.

Bank Mandiri mencatat peningkatan kinerja di 2017, tercermin dalam pertumbuhan kredit lebih tinggi dibandingkan dengan 10,4 persen, kualitas aset dengan rasio NPL yang lebih baik di 3,46 persen dan pertumbuhan laba yang kuat mencapai Rp20,6 triliun.

"Kami berharap bahwa  kondisi makro ekonomi menguntungkan akan meningkatkan kinerja lebih jauh. Konsisten dengan semangat meningkatkan kemakmuran bangsa, kami terus memperkuat komitmen kami untuk berpartisipasi dalam program pembangunan ekonomi pemerintah," jelas dia.

Bank Mandiri telah berperan aktif dalam mendukung pembangunan infrastruktur melalui pinjaman dan solusi pendanaan lainnya. Pada Desember 2017, Bank Mandiri menyalurkan pinjaman yang berhubungan dengan sektor infrastruktur mencapai USD10,4 miliar atau 21,9 persen dari total pinjaman.

Selain itu, Mandiri Sekuritas, salah satu kelompok usaha Mandiri, menyediakan solusi pendanaan yang inovatif. Sebagai contoh, Mandiri Sekuritas membantu Jasa Marga mendapatkan dana USD295 juta tahun lalu melalui penerbitan obligasi global rupiah. Obligasi, terdaftar di bursa efek London dan membawa kupon 7,5 persen dengan empat kali kelebihan permintaan.


(SAW)


Pelopor Teh Celup itu Harus Tumbang

Pelopor Teh Celup itu Harus Tumbang

10 hours Ago

Pailitnya Sariwangi menjadi salah satu berita yang cukup mengejutkan. Padahal, Sariwangi telah …

BERITA LAINNYA