Kepengurusan LPJK 2016-2020 Dipilih Tim Independen

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 31 Mar 2016 16:18 WIB
kementerian pekerjaan umum
Kepengurusan LPJK 2016-2020 Dipilih Tim Independen
Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yusid Toyib (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel P)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) kembali membuka rekrutmen kepengurusan periode 2016-2020. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghendaki pemilihan kepengurusan LPJK dilakukan secara independen dan terbuka.

"LPJK ini merupakan bagian dari masyarakat. Oleh sebab itu lembaga ini bersifat nasional, mandiri, independen, dan terbuka yang bertugas selama empat tahun dalam UU," ujar Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yusid Toyib, saat ditemui di Kantor Pusat Kementerian PUPR, di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Tahapan persiapan untuk pembentukan kepengurusan baru terbilang panjang hingga 2017. Para pengurus yang dipilih harus mengikuti uji kelayakan dan kepatutan secara substansi dan psikologis.

Nantinya, uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan oleh tim independen. Yusid Toyib mengatakan, adanya tim independen ini dimaksudkan agar para pengurus LPJK yang dipilih tidak mempunyai maksud dan kepentingan tertentu.

Anggota tim independen tersebut berjumlah empat orang, yakni Sosiolog UI Imam Prasodjo, Betti Alisjahbana yang pernah menjadi panitia seleksi calon pimpinan KPK 2015, dan dua orang lagi berasal dari senior Kementerian PUPR.

"Kami ingin pemilihan kepengurusan LPJK betul-betul independen. Sedangkan, dari PUPR sendiri hanya ikut campur dalam prosesnya saja," kata Yusid.

Yusid berharap pembentukan kepengurusan baru dapat selesai pada awal Januari 2017. "Semoga tidak ada hambatan," tuturnya.

Pengumuman rekrutmen dan awal penerimaan dokumen pendaftaran dilakukan pada 31 Maret 2016 dan bisa diakses di sini.

Batas akhir pendaftaran dan pengumpulan dokumen pada 19 April 2017.


(ROS)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

2 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA