Kemenkeu Cairkan Rp3,6 Triliun untuk Tutup Kerugian BPJS Kesehatan

Suci Sedya Utami    •    Senin, 04 Dec 2017 16:51 WIB
bpjs kesehatan
Kemenkeu Cairkan Rp3,6 Triliun untuk Tutup Kerugian BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan. Ant/Rivan Awal Lingga.

Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mencairkan dana sebesar Rp3,6 triliun yang bersumber dari APBN sebagai salah satu jalan menutup masalah kerugian atau defisit sekitar Rp9 triliun yang diderita Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan pencairan dilakukan pada Kamis, 30 November lalu langsung pada BPJS Kesehatan.

Selain itu, kata Mardiasmo, pemerintah juga telah mencairkan dana penerima bantuan iuran (PBI) sebesar Rp4,2 triliun untuk bulan November dan Desember pada awal November lalu. Dana itu merupakan anggaran yang ada dalam APBNP 2017.

"Iuran PBI dua bulan sudah dibayarkan awal November nilainya Rp4,2 triliun, lalu Rp3,6 triliun  juga sudah dibayarkan kemarin tanggal 30 November. Berarti sudah bisa nutup (kekurangan) tahun 2017," kata Mardiasmo di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 4 Desember 2017.

PBI merupakan bantuan iuran atau subsidi kesehatan yang dibayarkan pemerintah pusat menggunakan dana APBN pada masyarakat melalui BPJS Kesehatan dengan nilai Rp2,1 triliun setiap bulan.

Mantan Kepala BPKP ini menambahkan, pemerintah juga akan mencairkan PBI pada minggu pertama Januari 2017 sebesar Rp2,1 triliun menggunakan APBN 2018 yang telah dicadangkan sebelumnya. Adapun sisanya akan ditutup melalui dana bagi hasil (DBH) cukai hasil tembakau atau cukai rokok.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kerugian di masa mendatang, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur bahwa Pemerintah pusat akan memotong transfer berupa dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil (DBH) kepada pemda yang memiliki utang atau tagihan pada BPJS Kesehatan.

"Kita perbaiki dari sisi pemda yang meregisterkan masyarakatnya untuk masuk dalam BPJS, tentu Pemda memiliki kewajiban untuk ikut berpartisipasi apakah itu menanggung dari sisi iurannya maupun tata kelola," jelas dia.

 


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA