Majukan Perekonomian

Jokowi Berharap Jepang Tetap jadi Mitra Utama ASEAN

   •    Selasa, 14 Nov 2017 10:45 WIB
pertumbuhan ekonomiktt aseanaseanekonomi indonesia
Jokowi Berharap Jepang Tetap jadi Mitra Utama ASEAN
Presiden Jokowi saat mengikuti agenda KTT ke-20 ASEAN-JEPANG di Philippines International Convention Center (PICC), Manila, Filipina (Foto: dokumentasi Setkab)

Filipina: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan Jepang adalah salah satu mitra strategis dan mitra wicara pertama ASEAN yang telah banyak berkontribusi kepada ASEAN. Diharapkan Jepang tetap berkomitmen dengan harapan bisa memberi efek positif bagi laju perekonomian.

"Saya berharap Jepang tetap menjadi mitra utama ASEAN dalam memajukan keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan," kata Presiden Jokowi pada pidatonya dalam KTT ke-20 ASEAN-JEPANG di Philippines International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, seperti dikutip dari laman resmi Setkab, Selasa 14 November 2017.

Untuk itu, Presiden menekankan, negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) harus segera diselesaikan. Diharapkan, segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan sesuai keinginan banyak pihak.



Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas kontribusi Jepang terhadap ASEAN Humanitarian Assistance (AHA) Centre, yang telah bergerak membantu pemulihan kota Marawi, Filipina, dan membantu mengatasi krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar.

Untuk itu, Presiden mendorong agar organisasi tersebut terus diperkuat termasuk ketersediaan sumber dayanya dan berharap Jepang tetap akan memberikan dukungan bagi AHA Centre. Terkait perkembangan di Semenanjung Korea, Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya peran Jepang dalam memelihara stabilitas dan keamanan.

Hal itu, dinilai Presiden Jokowi penting untuk menghindari terjadinya perang. "Untuk itu, saya harap peran Jepang dalam mengupayakan terus dibukanya jendela bagi penyelesaian secara damai," ucap Presiden Jokowi.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA