Bos IMF Puji Ekonomi Indonesia

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 11 Oct 2018 10:49 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiaIMF-World Bank
Bos IMF Puji Ekonomi Indonesia
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (tengah) (Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Nusa Dua: Pujian demi pujian atas kuatnya perekonomian Indonesia terus mengalir. Indonesia pun diharap bisa menjaga stabilitas perekonomian, di samping bisa terus memacu pertumbuhan di masa mendatang.

"Indonesia berada dalam peningkatan yang signifikan sekali dan nilai Indonesia luar biasa hebat," kata Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde di sela-sela pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018, di Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurut Lagarde hal tersebut bisa dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita yang saat ini meningkat dua kali lipat. Bahkan, angka kemiskinan terus turun menuju single digit. Selain itu, pertumbuhan ekonomi termasuk tinggi, inflasi tetap terkontrol, dan nilai tukar rupiah yang meskipun terdepresiasi namun masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain.



Bukan hanya itu, masih kata Lagarde, posisi rasio utang terhadap PDB juga terjaga baik. Tidak hanya itu, dia menjelaskan, dari sisi fiskal, Indonesia juga memiliki kebijakan yang sangat baik. "Ini adalah rekaman sejarah yang bagus. Saya harap akan ada apresiasi dari kebijakan yang baik untuk tingkatkan ekonomi," jelas dia.

Lebih lanjut, Christine Lagarde juga bangga Indonesia bisa memproduksi pesawat sendiri. Hal itu diungkapkannya saat mengunjungi Pavilion Indonesia disela acara pertemuan tahunan International Monitery Fund-World Bank 2018.

Saat itu, Lagarde mengunjungi beberapa stan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipamerkan pada perhelatan tersebut dan berhenti di stand PT Dirgantara Indonesia yang memaerkan pesawat CN235. "Saya senang Indonesia bisa membangun pesawat sendiri dan bisa mengekspornya ke luar dengan menggunakan material sendiri," pungkas Lagarde.


 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

6 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA