BI Prediksi Kenaikan Suku Bunga The Fed Hanya Sekali

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 22 Sep 2016 17:20 WIB
the fed
BI Prediksi Kenaikan Suku Bunga The Fed Hanya Sekali
Gubernur BI Agus Martowardojo. (FOTO: ANTARA/Puspa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan kenaikan dari suku bunga Amerika Serikat atau Fed Fund Rate (FFR) hanya akan dilakukan sekali tahun ini. Sebelumnya, BI memprediksi FFR kemungkinan dinaikkan dua kali selama 2016.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan kebijakan The Fed, yang menetapkan tingkat suku bunga bulan ini dipengaruhi kondisi ekonomi negaranya. Lemahnya pemulihan ekonomi Amerika Serikat dan masih tingginya ketidakpastian yang membayangi ekonomi mereka mengakibatkan dipertahankannya suku bunga kebijakan tersebut.

"Fed Fund Rate atau FFR perkirakan hanya akan mengalami kenaikan satu kali pada 2016," ujar Agus ditemui di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).

Rendahnya ekonomi Amerika Serikat, kata Agus, masih akan berlanjut pada tahun ini. Hal ini berdampak pada lemahnya ekonomi global sebagaimana perkiraan lembaga keuangan internasional yang merevisi ke bawah target pertumbuhan ekonomi dunia.

"Ekonomi global berpotensi tumbuh lebih rendah dari perkiraan sebelumnya disertai dengan penurunan volume perdagangan dunia yang cukup signifikan. Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada 2016 diperkirakan lebih rendah dari perkiraan semula, seiring dengan masih lemahnya investasi," jelas dia.

Sementara itu, masih lemahnya aktivitas investasi dan konsumsi di Eropa, semakin memperlambat pertumbuhan ekonomi Eropa. Potensi pelemahan ekonomi juga dialami Tiongkok, sejalan dengan melambatnya investasi, pengeluaran pemerintah, dan masih lemahnya konsumsi.

"Di pasar komoditas, harga minyak dunia menurun, sejalan dengan terus meningkatnya produksi minyak OPEC. Sementara itu, harga beberapa komoditas ekspor Indonesia sedikit membaik, terutama CPO," pungkasnya.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA