Kuartal II 2017

Kontribusi Konsumsi Rumah Tangga untuk Kinerja Ekonomi Menurun

Suci Sedya Utami    •    Senin, 07 Aug 2017 15:50 WIB
ekonomi indonesia
Kontribusi Konsumsi Rumah Tangga untuk Kinerja Ekonomi Menurun
Konsumsi RT (ANT/Zabur Karuru).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja ekonomi Indonesia kuartal II-2017 tumbuh 5,01 persen. Capaian tersebut masih didorong oleh konsumsi rumah tangga yang memiliki kontribusi terbesar.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, konsumsi rumah tangga memberi kontribusi 2,65 persen. Angka ini turun jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya pada tahun yang sama dengan capaian sebesar 2,72 persen.



Kontribusinya disusul oleh sumbangan dari pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi pemerintah dan swasta sebesar 1,69 persen atau meningkat dari kuartal sebelumnya 1,53 persen.

Suhariyanto mengakui adanya peralihan dari konsumsi rumah tangga ke investasi. Menurut dia, ini indikasi yang baik karena artinya investasi untuk pembangunan infrastruktur meningkat. Dia bilang infrastruktur akan lebih besar manfaatnya untuk menggerakkan roda ekonomi.

"Saya kalau lihat seperti ini lebih senang, ada penurunan konsumsi tapi investasi naik. Tapi kita agak kurang sabar, kita menanam maunya langsung panen, padahal kalau infrastruktur dampaknya engak langsung atau jangka pendeK," kata Suhariyanto dalam konferensi pers di kantor pusat BPS, Jakarta Pusat, Senin 7 Agustus 2017.

Selain itu, sumbangan dari ekspor yakni sebesar 0,59 persen, menurun dari sebelumnya 0,75 persen. Serta sumbangan dari faktor lainnya 0,08 persen.


 


(SAW)