Raja Salman Saksikan MoU Arab Saudi-Tiongkok USD65 Miliar

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 18 Mar 2017 00:03 WIB
raja salman
Raja Salman Saksikan MoU Arab Saudi-Tiongkok USD65 Miliar
Metrotvnews.com, Beijing: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) bernilai USD65 miliar antara perusahaan minyak Saudi Aramco dengan China North Groups Corp (Norinco). Pe

Metrotvnews.com, Beijing: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) bernilai USD65 miliar antara perusahaan minyak Saudi Aramco dengan China North Groups Corp (Norinco).

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan saat hari pertama Raja Salman mengunjungi kota Beijing. Nota kesepahaman itu menandakan kerja sama antara Saudi Aramco dan Norinco dalam pembangunan kilang dan tanaman kimia di Tiongkok.

Selain itu, Saudi Basic Industries Corporation (Sabic) dan Sinopec juga sepakat mengembangkan proyek-proyek petrokimia di Tiongkok dan Arab Saudi. Sebelumnya mereka sudah menjalankan komplek kimia di Tinajin.

Raja Salman telah merencanakan reformasi ekonomi yang ambisius sejak aksesi dua tahun lalu yakni melalui kunjungan tur Asia selama sebulan. Kunjuangnnya pun dilakukan ke beberapa negara yang merupakan negara importir di dunia. Negara importir dipilihnya sekaligus mempromosikan peluang investasi kerajaan dan mempromosikan penjualan saham Saudi Aramco.

Presiden Xi Jinping mengatakan bahwa Tiongkok merupakan pasar ekspor minyak yang handal dan stabil. Menurutnya kedua negara harus memperdalam dan memperkuat kerja sama.

"Untuk waktu yang lama, Tiongkok dan negara-negara Islam saling menghormati dan memiliki kerja sama win-win dan telah menciptakan model koeksistensi damai dari budaya yang berbeda," kata Xi seperti dikutip Reuters, Beijing, Jumat 17 Maret 2017.

Sementara itu, Salman mengatakan ia berharap Tiongkok dapat memainkan peran lebih besar dalam urusan dengan nega timur tengah.

"Arab Saudi berharao Tiongkok bekerja keras untuk mempromosikan kedamaian, keamanan, dan kemakmuran baik secara global dan regional," kata Salman.

Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Zhang Ming mengatakan nota kesepahaman senilai USD65 miliar ini merupakan kerja sama berbagai sektor mulai dari energi sampai ruang angkasa.

"Presiden Xi Jinping dan Raja Salman adalah teman lama. Kerja sama praktis antara Tiongkok dan Arab Saudi telah membuat prestasi besar dan memiliki potensi yang sangat besar," kata Zhang.

Selain nota kesepahaman yang disepakati dua pemerintah tersebut, Arab Saudi dan perusahaan Tiongkok juga menandatangani 21 penawaran. Penawaran tersebut diantaranya adalah investasi pabrik petrokimia, kilang minyak, dan kerja sama energi baru terbarukan.


(LDS)

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang
Bank Dunia Dorong Investasi

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang

1 hour Ago

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam pidatonya berjanji bakal mengupayakan berbagai investasi…

BERITA LAINNYA