Mau Ekonomi Tumbuh 5,4%

Perbankan Mesti Salurkan Kredit Rp483 Triliun di 2018

Suci Sedya Utami    •    Senin, 11 Sep 2017 17:20 WIB
ekonomi indonesia
Perbankan Mesti Salurkan Kredit Rp483 Triliun di 2018
Menkeu Sri Mulyani. (MI/MOHAMAD IRFAN).

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memasang target pertumbuhan ekonomi tahun depan di angka 5,4 persen yang diusulkan di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 dan telah disepakati Komisi XI.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tantangan terbesar untuk mencapai target tersebut datang dari pertumbuhan kredit. Ani sapaan akrabnya, menjelaskan, untuk bisa mendapatkan pertumbuhan 5,4 persen, maka pertumbuhan kreditnya harus tumbuh lebih tinggi.

"Kalau untuk 5,4 persen maka kredit perbankan akan tumbuh lebih tinggi lagi, Kami perkirakan dalam hal ini perbankan harus tumbuh (salurkan) Rp483 triliun kreditnya," kata Ani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 11 September 2017.

Sementara tahun ini, untuk bisa tumbuh 5,2 persen ekonomi dalam negeri, maka ekspansi total kredit yakni sebesar Rp370 triliun. Oleh karenanya, dia menambahkan, dengan penyaluran tersebut, maka pertumbuhan kredit diharapkan bisa berada di angka 13-15 persen.

"Kredit harus tumbuh lebih tinggi yang tahun ini seharusnya 11-13 persen menjadi 13-15 persen. Ini cukup ambisius," tutur dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, kredit perbankan menjadi salah satu komponen investasi yang dinilai Ani merupakan faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi.



(SAW)