Hubungan AS-Tiongkok Masih Sulit Diprediksi

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 08 Dec 2018 09:02 WIB
Perang dagang
Hubungan AS-Tiongkok Masih Sulit Diprediksi
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku sulit untuk memprediksi hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok ke depannya. Apalagi menurut dia dinamika global masih akan terus berkembang.

Ani sapaan akrab dirinya pun tidak bisa memprediksi apakah hubungan kedua negara tersebut akan semakin baik usai pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Pasalnya kedua negara harus mengedepankan stabilitas dunia, di samping stabilitas negaranya.

"Karena dua negara ini adalah negara yang memiliki size ekonomi yang sangat besar terhadap dunia maka apapun yang dilakukan kedua negara akan memiliki spill over," kata dia di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat 7 Desember 2018.

Dirinya menambahkan apapun yang dilakukan kedua negara akan berdampak kepada dunia. Oleh karenanya dirinya berharap agar semua yang mereka lakukan mulai dari sisi politik, keamanan, ekonomi, maupun perdagangan bisa memberi sentimen positif bagi dunia.

"Kita berharap akan menciptakan lingkungan yang lebih pasti dan lingkungan yang lebih aman, dan adil. Karena kedua belah pihak selama ini berharap suatu fair trade, dan itu kita harap bisa dijalankan melalui kesepakatan dan kemudian memberikan dampak positif," jelas dia.

Meski begitu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tetap akan menghormati apapun kebijakan yang diambil kedua negara. Hanya saja melalui forum internasional, Indonesia akan selalu mendorong agar kedua negara menyepakati sikap yang positif.

"Jadi apapun yang dilakukan, kita menghormati saja, namun kita tetap akan menyampaikan aspirasi dari seluruh dunia bahwa kedua negara tersebut bisa menyepakati hal-hal yang positif," pungkas dia.


(SCI)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

16 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA