Pujian Moody's Menggambarkan Komposisi APBN Makin Kuat

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 10 Jan 2018 13:54 WIB
apbn
Pujian Moody's Menggambarkan Komposisi APBN Makin Kuat
Menkeu Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyambut baik pujian lembaga pemeringkat dunia, Moody's, yang memuji upgrade rating surat utang. Upaya itu disebut bisa menekan biaya pinjaman (cost of borrowing) dan imbal hasil (yield).

Ani, sapaan akrab dirinya, mengatakan surat utang yang dikeluarkan pemerintah Indonesia memang memiliki kredibilitas yang lebih baik sehingga membuat penurunan biaya.

"Itu menggambarkan bahwa memang komposisi APBN kita sudah dianggap sangat kuat," kata Ani di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Januari 2018.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan struktur ekonomi dan APBN Indonesia kini makin sehat sehingga menimbulkan kepercayaan baik untuk investor maupun lembaga rating untuk memberikan penilaian.

Selain itu, dengan adanya perbaikan sisi rating, spread dari credit default swap (CDS) turun 85 basis poin, bahkan untuk surat utang dengan tenor lima tahun bunganya turun 150 basis poin dalam satu tahun yang dianggap sebagai biaya pinjaman.

"Kalau pemerintah bisa menurunkan cost of borrowing maka itu juga menularkan ke swasta. Mereka akan dapat imbas positif, terlihat dari Komodo Bond muncul dengan rate yang baik. Jadi, ini semua adalah confidence building," jelas dia.

 


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

13 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA