Meski Peringkat Daya Saing Naik

Menkeu Sebut Indonesia Masih Banyak Kekurangan

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 06 Jun 2017 07:46 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Menkeu Sebut Indonesia Masih Banyak Kekurangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati tak berpuas hati dengan naiknya peringkat daya saing atau kompetitif Indonesia sebanyak enam peringkat. Dalam hal ini, ia menilai, Indonesia masih perlu banyak perbaikan yang dilakukan agar perekonomian melaju lebih baik di masa mendatang.

"Rasanya belum yang paling kompetitif," kata Ani, biasa ia disapa, di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Senin 5 Juni 2017.

Ani merasa, masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang perlu diperbaiki Indonesia. Contohnya pembangunan infrastruktur yang menjawab sejumlah persoalan belum semuanya selesai. Lalu regulasi peraturan masih banyak yang perlu disederhanakan dan juga iklim kenyamanan berusaha masih harus diperbaiki.



"Ada kemajuan kita bersyukur, tapi masih banyak kekurangan kita," jelas dia.

Sekadar informasi, peringkat Indonesia sebagai negara kompetitif dunia mengalami kenaikan dari posisi 48 di 2016 menjadi 42 pada tahun ini. Kendati demikian, pemerintah perlu terus melakukan perbaikan agar perekonomian secara keseluruhan bisa bergerak lebih positif.

Naiknya peringkat Indonesia ini tertuang dalam laporan berjuluk The IMD World Competitiveness Centre, yang dikeluarkan kelompok riset sekolah bisnis IMD di Swiss. IMD menerbitkan peringkat negara paling kompetitif di dunia setiap tahun sejak 1989.

 


(ABD)