Ditjen Pajak Sediakan Ruangan Khusus untuk Anggota Apindo

Husen Miftahudin    •    Senin, 19 Sep 2016 19:07 WIB
apindo
Ditjen Pajak Sediakan Ruangan Khusus untuk Anggota Apindo
Illustrasi. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan terus berupaya meningkatkan para wajib pajak (WP) mengikuti program amnesti pajak atau tax amnesty. Salah satunya dengan menyediakan ruangan khusus bagi para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Kepala Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I, Sakli Anggoro mengatakan, ruangan khusus yang berada di lantai 24 Gedung DJP Pusat tersebut agar pengusaha Apindo merasa nyaman dalam melaporkan hartanya. Mayoritas anggota Apindo sendiri merupakan para pengusaha besar.

"Untuk anggota Apindo ada ruang khusus kita siapkan di sini, tapi tidak hanya untuk yang besar-besar, yang kecil-kecil juga. Sekarang target WP besar dulu, yang UMKM jangka waktu lebih panjang. Di sini lebih nyaman karena tidak terlihat banyak orang," ujar Sakli di Kanwil DJP Jakarta Selatan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin (19/9/2016).

Kebanyakan WP besar menginginkan privasi saat melaporkan hartanya ketika mengikuti program amnesti pajak. Harapannya, agar pelayanan kepada WP maksimal sehingga yang ikut amnesti pajak semakin bertambah.

"Kita ingin melayani WP sebaik-baiknya. Dengan ini diharapkan tertarik ikut tax amnesty. Dengan adanya ruangan ini, ada yang merasa perlu tampil dan ada yang ingin privasi," imbuhnya.

Wakil Ketua Umum Apindo Suryadi Sasmita menambahkan, pihaknya juga akan menempatkan perwakilannya di ruang khusus tersebut. Alasannya, agar anggota Apindo merasa nyaman saat berkonsultasi dengan Ditjen Pajak.

"WP besar mereka punya keluarga dan punya perusahaan di mana-mana yang tersebar. Dengan adanya ruangan ini one stop service sehingga bisa ditampung di ruangan ini. Kalau ada orang Apindo di sini, mereka merasa nyaman," papar dia.

Ruangan khusus tersebut tidak hanya untuk anggota Apindo yang termasuk dalam kategori WP besar, melainkan juga bagi anggota Apindo dengan skala bisnis yang lebih kecil. Sebab, tak semua anggota Apindo tergolong WP besar.

"Kita juga tidak mengharuskan yang besar, kecil juga bisa. Kita khususkan (anggota) Apindo karena punya 14 ribu perusahaan. Di Jakarta, 1.000 lebih diharapkan bisa masuk di sini. Tapi 1.000 lebih orangnya tidak banyak, karena sekali masuk 40 perusahaan," tutup Suryadi.

Sebagai informasi, hingga hari ini jumlah WP yang ikut amnesti pajak sebanyak 85.126 orang dengan total harta yang dilaporkan sebanyak Rp971,32 triliun. Sementara untuk jumlah uang tebusan mencapai Rp32,1 triliun yang terdiri dari Surat Setoran Pajak (SSP) sebanyak Rp28,8 triliun (90 persen), pembayaran bukper Rp263 miliar (1 persen), dan pembayaran tunggakan Rp3,06 triliun (9 persen).



(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA