Ramalan Masa Depan Ekonomi Indonesia di Usia 100 Tahun

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 15 Mar 2017 09:45 WIB
ekonomi indonesia
Ramalan Masa Depan Ekonomi Indonesia di Usia 100 Tahun
Menkeu Sri Mulyani (FOTO: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah sudah memperhitungkan skenario atau perspektif ekonomi ketika Indonesia di usia kemerdekaan 100 tahun yakni pada 2045.

Dalam acara stakeholders gathering bertema 'Peran Strategis APBN dalam Menghadapi Permasalahan Bangsa', Selasa 14 Maret 2017 malam, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan 28 tahun mendatang penduduk Indonesia jumlahnya akan lebih dari 300 juta jiwa.

Sementara presentasi usia produksinya akan sebesar 52 persen, dan jumlah kelas menengahnya akan lebih tinggi yakni 82 persen. Menurut Ani ini adalah negara dengan perekonomian yang sangat potensial.




Selain itu, kata Ani, Indonesia merupakan negara dengan perekonomian kelima terbesar di dunia dengan income per kapita mendekati USD30 ribu.

"Suatu kelas yang sangat tinggi dan mampu untuk menjadi basis pembangunan apapun di negeri ini karena size-nya sangat besar," kata Ani di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, Indonesia juga tidak hanya mencapai apa yang diproyeksikan, tapi juga menjadi pemain besar di Asia maupun dunia.

Namun demikian, kata Ani, hal tersebut hanya akan tercapai apabila Pemerintah bisa menyiapkan infrastruktur yang berkualitas, sumber daya manusia yang memiliki pendidikan yang berkualitas, kesiapan dalam bidang teknologi dan informasi.

"Sehingga, Indonesia menjadi negara yang tak terpisahkan, ruang wilayah makin baik, dan sumber data yang dikelola secara sustainable. Inilah masa depan Indonesia," jelas Ani.

 


(AHL)