Menkeu: Penerimaan Perpajakan Tumbuh 15% hingga April

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 11 May 2018 19:43 WIB
penerimaan pajak
Menkeu: Penerimaan Perpajakan Tumbuh 15% hingga April
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: dokumentasi Ditjen Pajak)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan realisasi penerimaan perpajakan hingga akhir April 2018 mencapai Rp416,9 triliun.

Capaian tersebut yakni sekitar 25,8 persen dari target di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang sebesar Rp1.618,1 triliun.

Dirinya mengatakan hingga 30 April penerimaan perpajakan tumbuh 11,2 persen. Pertumbuhan tersebut dihitung dengan memasukkan efek tax amnesty.

"Namun, apabila tidak memasukkan efek tax amnesty, maka pertumbuhannya mendekati 15 persen," kata Ani di Kantor Pusat DJP, Jakarta Selatan, Jumat, 11 Mei 2018.

Adapun capaian tersebut salah satunya disumbang dari pertumbuhan pajak pertambahan nilai sebesar 4,1 persen, serta pajak penghasilan (PPh) nonmigas sebesar 17,3 persen.

Secara terpisah, Direkur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan DJP Yon Arsal menambahkan, untuk sektor migas mengalami pertumbuhan meski tidak sebesar jenis pajak lain. Yon bilang, hal itu karena ada komponen penerimaan tahun lalu yang tidak berulang.

 


(AHL)


Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

Komentar Menperin soal Sariwangi Pailit

10 hours Ago

Bangkutnya PT Sariwangi Agricultural Estates Agency (Sariwangi AEA) dan anak usahanya yaitu PT …

BERITA LAINNYA