Darmin: Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi 5,1% Sepanjang 2017

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 09 Nov 2017 13:33 WIB
pertumbuhan ekonomi
Darmin: Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi 5,1% Sepanjang 2017
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution memprediksi pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun tak akan bisa dicapai sesuai dengan target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
Perubahan (APBNP) 2017 sebesar 5,2 persen.

Target tersebut dipandang Darmin masih terlalu tinggi mengingat perkembangan terakhir menunjukkan pertumbuhan ekonomi dalam akumulasi Januari-September atau tujuh bulan di 2017 hanya tercatat 5,03 persen.

"Jadi tidak realistis kalau agak tinggi, mungkin ya 5,1 persen, paling-paling segitu," kata Darmin di Jakarta, Kamis 9 November 2017.

Adapun untuk sisa kuartal IV, Darmin memprediksi aka lebih baik dari kuartal III yang juga mengalami kenaikan pertumbuhan menjadi 5,06 persen dari kuartal I dan II yang sebesar 5,01 persen.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini mengatakan pertumbuhan kuartal selanjutnya akan didorong oleh kenaikan belanja pemerintah (APBN), kendati tak akan seperti tahun lalu.

"Kalau APBN (belanja) membaik kuartal IV itu modelnya sudah begitu, rasanya positif. Tetap ada pertumbuhan tapi tidak sebesar dari yang diperkirakan," jelas dia.

 


(AHL)