2018, DJP Bidik 14,4 Juta WP Orang Pribadi Lapor SPT

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 10 Mar 2018 08:31 WIB
pajakekonomi indonesiaspt pajak
2018, DJP Bidik 14,4 Juta WP Orang Pribadi Lapor SPT
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membidik peningkatan dalam pelaporan surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan (PPh) tahunan wajib pajak orang pribadi di 2018.

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan tahun lalu jumlah wajib pajak yang melapor SPT sebesar 72 persen dari total yang wajib lapor yakni 16 juta. Tahun ini, ditargetkan naik menjadi 80 persen dari jumlah wajib lapor 18 juta atau berarti 14,4 juta ditargetkan lapor SPT tahun ini.

"Tahun kemarin kan sekitar 12 juta. Mudah-mudahan meningkat," kata Hestu, di Kantor Pusat DJP, Jakarta Selatan, Jumat, 9 Maret 2018.

Dilihat dari realisasi yang sudah lapor SPT tahun ini, Hestu mengatakan, memang ada peningkatan. Jumat pagi, wajib pajak yang telah lapor SPT yakni sebanyak 4,2 juta. Angka tersebut lebih tinggi 45 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Kita harap peningkatan ini sampai dengan akhir Maret nanti tetap porsinya meningkat 50 persen atau bahkan lebih. Karenanya kita harap bisa capai 80 persen," jelas dia.

Sementara itu, sarana penyampaian secara online menggunakan e-filing mengalami peningkatan yakni sebesar 72 persen dari jumlah yang sudah melapor sampai Jumat ini. Apabila dibandingkan dengan negara maju, misalnya, seperti Australia, penggunaan e-filing sudah mencapai 92 persen dari jumlah yang melaporkan SPT.

Kendati demikian, Hestu yakin, kedepannya penggunaan e-filing akan lebih masif lagi. "Rata-rata negara maju yang manual semakin sedikit, karena dengan elektronik semakin efisien. Semakin aman, enggak ada kertas terbuka tapi langsung masuk ke sistem, bagus sekali. Ke depan kita dorong terus supaya semakin banyak yang elektronik," pungkas Hestu.


(ABD)