Arus Kas Negara Aman hingga Akhir Tahun

Suci Sedya Utami    •    Senin, 04 Dec 2017 18:45 WIB
apbn
Arus Kas Negara Aman hingga Akhir Tahun
Illustrasi. MI/Susanto.

Jakarta: Kementerian Keuangan memastikan arus kas (cash flow) hingga akhir 2017 dalam kondisi yang aman.

Sebab, penerimaan negara dari pajak hingga menjelang akhir November baru terkumpul 78 persen dari target dalam APBNP 2017 Rp1.472,7 triliun. Sedangkan Kemenkeu melalui Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) membatalkan rencana penerbitan dua lelang surat berharga negara (SBN).

Namun, menurut Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono  pembatalan lelang karena kondisi pasar keuangan yang sedang tak bagus.

"Pada saat kita pergi ke pasar, kita harus lihat situasi pasar, kalau situasinya kurang bagus itu mungkin jadi pertimbangan. Jadi, bukan berarti menandakan situasi yang buruk," kata Marwanto di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 4 Desember 2017.

Sementara itu, belanja negara, hingga pertengahan November, kata Marwanto, serapan belanja hingga pertengahan November telah mencapai 78 hingga 80-an persen dari pagu Rp2.080,4 triliun.

Capaian ini diklaim lebih tinggi dibanding periode yang sama pada tahun lalu.  Marwanto mengatakan, serapan belanja bukan satu-satumya indikator untuk melihat kualitas belanja yang bagus. Bisa jadi, kata dia, penyerapan yang belum 100 persen karena adanya efisiensi, namun output atau hasil dari kegiatan sudah 100 persen atau sudah selesai.

Lebih jauh, dia menambahkan, jika melihat dari data-data tersebut, maka arus kas masih dalam posisi aman.

"Cash flow secara umum sampai dengan akhir tahun aman," jelas dia.

 


(SAW)