Penyerapan Belum Maksimal di Kuartal I-2017

Menkeu Siap Percepat Pencairan Anggaran

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 15 Mar 2017 09:52 WIB
anggaran kementeriananggaran
Menkeu Siap Percepat Pencairan Anggaran
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan terus mengoptimalkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terutama dari sisi belanja. Langkah itu dinilai penting untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang tengah mengalami perbaikan sekarang ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, sebagai bendahara negara maka dia berjanji akan mencairkan secepat mungkin anggaran di setiap kementerian atau lembaga (k/l) yang memang sudah siap menyerap.

Pernyataan itu mengingat ada beberapa pihak yang mengungkapkan penyerapan anggaran belanja pada kuartal I-2017 belum maksimal dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di periode tersebut. Tentu kondisi semacam ini perlu diperbaiki guna memaksimalkan laju perekonomian.

"Pokoknya APBN kita gunakan semaksimal mungkin untuk bisa menjaga momentum pertumbuhan ekonomi," kata Ani, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa malam 14 Maret 2017.

Ani mengaku penyerapan anggaran pada kuartal satu masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya di mana biasanya masih rendah. Hanya k/l tertentu seperti Kementerian PUPR yang biasanya melakukan persiapan anggaran lebih cepat.

Namun, masih kata Ani, beberapa k/l lainnya karena adanya beberapa anggaran yang tertunda di 2016 maka banyak di antara mereka melakukan perubahan anggaran. "Namun, kita akan mencoba melayani secepat mungkin kalau k/l akan melakukan perubahan karena mereka harus melakukan peluncuran yang berasal dari APBN 2016 yang belum terselesaikan," jelas Ani.

 


(ABD)