Investor Pertanyakan Peringkat Investment Grade S&P bagi Indonesia

Eko Nordiansyah    •    Senin, 20 Mar 2017 17:56 WIB
ekonomi indonesia
Investor Pertanyakan Peringkat <i>Investment Grade</i> S&P bagi Indonesia
S&P. Dok : Reuters.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menunggu lembaga pemeringkat internasional Standart and Poor (S&P) dalam memperbaiki peringkat layak investasi bagi Indonesia. Padahal lembaga lainnya seperti Fitch dan Moody's telah memberikan peringkat investment grade bagi Indonesia.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPRR) Kemenkeu Loto S. Ginting mengatakan, lamanya perbaikan rating investasi oleh S&P membuat tanda tanya besar bagi investor. Bahkan hal ini banyak ditanyakan oleh investor yang menilai Indonesia sudah layak mendapat investment grade. 

baca : Indonesia Layak Raih Kenaikan Peringkat S&P

"Kalau saya ketemu investor malah tanyakan kenapa dia (S&P)  sendiri (belum menaikkan rating Indonesia). Kalau saya dapat persepsinya kita sudah benar-benar layak investment grade, jadi investor malah yang tanya," ujarnya ditemui di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 20 Maret 2017.

Dirinya menambahkan, investor memandang Indonesia sebagai salah satu negara yang pembangunannya konsisten. Selain itu, investor juga senang dengan perkembangan Indonesia yang disebut memiliki reputasi yang baik.

"Dia (investor) mungkin lihat progress Indonesia, lihat Fitch and Moody's, makanya dia tanyakan kenapa ini tertinggal S&P. Mungkin ada fund-fund menghendaki investment grade untuk S&P. Ada fund-fund ini bisa diinvestasikan di portofolio Indonesia," jelas dia.

Lebih lanjut, dirinya menilai jika risiko yang dimiliki Indonesia relatif lebih bisa dikendalikan. Misalnya saja masalah politik yang dinilai sudah lebih aman sehingga performa ekonomi juga bisa lebih baik dibandingkan negara-negara lainnya.

"Mereka kan rencana mau visit nanti kita tanyakan tapi investor sedniri banyak investor tanyakan kenapa, dari investornya sendiri merasakan Indonesia sudah layak investment grade dari S&P sebenarnya enggak ada halangan harusnya. Nanti kita tanya apa lagi maunya," pungkasnya.





(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

2 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA