Pemerintah Masih Yakin Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% Tercapai

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 10 Aug 2017 19:56 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pemerintah Masih Yakin Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% Tercapai
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini masih yakin target pertumbuhan ekonomi dalam APBNP 2017 sebesar 5,2 persen akan tercepai meskipun pada semester I capaiannya tak menggembirakan yakni 5,01 persen.

Artinya di semester II, untuk mengejar target maka pertumbuhan ekonomi harus mencapai angka 5,4 persen.

"Kita masih yakin di tahun ini bisa sampai angka 5,2 persen," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis 10 Agustus 2017.

Dalam mencapai target tersebut, kata Suahasil, maka tentu faktor-faktor penggerak pertumbuhan harus optimalkan. Belanja pemerintah di kuartal III dan IV harus semakin tinggi baik dari sisi belanja modal untuk pembangunan infrastruktur, belanja pegawai dan juga belanja sosial seperti program keluarga harapan (PKH) untuk menggerakkan konsumsi rumah tangga.

Sementara itu, penerimaan pajak harus dioptimalkan demi bisa membiayai belanja agar lebih tinggi. Dia bilang, penerimaan dan belanja harus sejalan. Jika penerimaan rendah namun pengeluarkan tinggi maka yang akan terjadi defisit.

"Ditjen Pajak akan terus mengumpulkan yang rutin maupun dari ekstra effort. Yang rutin antisipasi pertumbuhan ekonomi akan membaik di semester II dan inflasi terjaga sehingga daya beli peningkat," jelas dia.


(AHL)