Perppu AEoI Akomodir Nasabah Domestik dan Asing

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 17 May 2017 07:27 WIB
pajakperpajakan
Perppu AEoI Akomodir Nasabah Domestik dan Asing
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/BARY FATHAHILAH)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menyatakan terbitnya Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan berlaku untuk semua nasabah. Adapun peraturan ini diharapkan bisa diterima dengan baik dan nantinya memberi efek positif.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, baik nasabah domestik yakni Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di dalam negeri maupun luar negeri serta nasabah asing yang ada di Indonesia akan mendapat perlakuan yang sama dalam Perpu tersebut.

"Itu untuk dua-duanya (nasabah domestik dan asing)," kata Darmin, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa 16 Mei 2017.

Meskipun di dalam beleid Perpu tak ada klausal yang menyebutkan nasabah asing, namun Darmin berpendapat bahwa hal itu memang tidak perlu dimasukkan. Dia mengaku, awalnya aturan primer tersebut hanya untuk diterapkan pada nasabah asing.

"Tapi kemudian dimasukkan semuanya. Ya berarti asing dan dalam negeri," ujar mantan Gubernur Bank Indonesia ini.

Sebagai informasi, dalam beleid Perpu ini di pasal dua dikatakan Direktur Jenderal Pajak berwenang mendapatkan akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan dari Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang melaksakan kegiatan di sektor perbankan, pasar modal, peransuransian, lembaga jasa keuangan lainnya dan atau entitas lain yang dikategorikan sebagai lembaga keuangan sesuai standar pertukaran informasi.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA