Menkeu Tekankan Pengelolaan Anggaran harus Tepat

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 29 Nov 2016 18:37 WIB
apbn
Menkeu Tekankan Pengelolaan Anggaran harus Tepat
Menkeu Sri Mulyani MTVN/Suci Sedya Utami.

Metrotvnews.com, Bandung: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menuturkan bahwa pengelolaan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menjadi persoalan penting. Hal ini lebih penting ketika dana untuk anggaran sudah dikucurkan melalui APBN.

Dia menyoroti aloklasi 20 persen bagi dana pendidikan. Dia mengatakan bahwa kegagalan pengelolaan anggaran akan merugikan generasi muda yang seharusnya menjadi lebih cerdas dengan APBN itu.

"Selain itu uang ratusan triliun hilang dan keborosan dalam konteks Republik Indonesia terjadi," kata dia dalam paparan di Kampus Unpad, Bandung, Selasa (29/11/2016).

Dia menyatakan bahwa uang bisa memberikan berkah atau kutukan. Banyaknya uang ke Perguruan Tinggi (PT) akan memberikan celah korupsi dan inefisiensi, bukannya memperbaiki kualitas SUmber Daya Manusia (SDM).

"Banyak perguruan tinggi tak siap dikasih uang korupsi, inefiensi mereka sibuk bangun aula terus dan bukanya menginvestasi ke pembangunan SDM," ujar dia.

Dia mengatakan bahwa yang seharusnya dilakukan adalah meningkatkan kualitas pendanaan dan bukan hanya melakukan pembangunan yang tak berguna bagi generasi mendatang.

"Jangan sampai 10 hingga 20 tahun ke depan generasi masa depan akan bertanya apa yang kamu lakukan dengan uang," tanyanya.

Dia menekankan bahwa adanya uang bukan menjadi persoalan utama tapi mengelola keuangan yang bagus supaya memberikan efek yang baik bagi generasi mendatang.

"Namun ini masalah yang bagus daripada tak punya uang, ini tetap saja harus diwaspadai," kata Sri. 


(SAW)