Sri Mulyani Terus Maksimalkan Penerimaan Pajak hingga Akhir Tahun

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 07 Dec 2017 12:21 WIB
penerimaan pajak
Sri Mulyani Terus Maksimalkan Penerimaan Pajak hingga Akhir Tahun
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati akan terus memaksimalkan upaya dalam memungut penerimaan pajak di sisa waktu yang kurang dari satu bulan.

Berbagai upaya, kata Ani, bakal dilakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi negara. Dia mengatakan, yang pasti penerimaan rutin atau reguler tetap dijaga tercapai.

"Upaya yang akan dilakukan, apa yang kita identifikasi sebagai baseline, sesuatu yang secara reguler memang kita collect," kata Ani di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Desember 2017.

Selain penerimaan rutin, upaya ekstra juga akan dilakukan berdasarkan berbagai informasi dari banyak sumber di antaranya informasi yang datang sesudah pelaksanaan amnesti pajak yakni menyangkut tambahan basis pajak.

Kemudian informasi yang diperoleh dari komitmen pertukaran informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan atau automatically exchange of information (AEoI) serta informasi dari sumber lainnya.

Lebih jauh, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan dengan adanya kenaikan harga komoditas dan minyak dunia, maka akan berpengaruh positif pada kenaikan penerimaan pajak.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat realisasi penerimaan pajak hingga 30 November pagi hari telah mencapai 78 persen dari target dalam APBNP Rp1.472,7 trliun, atau sebesar Rp1.148,7 triliun

Dirjen Pajak yang saat itu masih dijabat oleh Ken Dwijugiasteadi mengatakan untuk November saja, penerimaan pajak ditargetkan sebesar Rp126 triliun, dan yang terealisasi baru Rp114 triliun.

 


(AHL)