BKPM Gandeng Polri Beri Jaminan Keamanan Investasi

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 19 Sep 2016 11:56 WIB
investasi
BKPM Gandeng Polri Beri Jaminan Keamanan Investasi
Suasana kerja sama antara BKPM dengan Polri (Foto: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi menandatangani kesepakatan kerja sama. Adapun kesepakatan kerja sama ini dalam rangka mendorong jaminan keamanan investasi dengan harapan arus investasi yang masuk bisa maksimal.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Azhar Lubis bersama Wakapolri Syafruddin, dan dilihat langsung oleh Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong dan Kapolri Tito Karnavian.

‎Menurut Tom, sapaan akrab Thomas Lembong, kerja sama ini menghasilkan ‎pedoman kerja baik untuk BKPM maupun Polri untuk menjamin keamanan investasi. Tentu jaminan keamanan investasi menjadi penting agar investor merasa aman dan nyaman saat menanamkan investasinya di Indonesia.

Ia berharap kerja sama antara BKPM dan Polri dapat mengidentifikasi permasalahan, kendala, dan ganguan keamanan yang dihadapi investor maupun calon investor, serta saling bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.


Suasana kerja sama antara BKPM dengan Polri (Foto: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

"Mengingat investasi sebagai salah satu pilar ekonomi nasional maka diperlukan perhatian dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk Polri," ucap Tom, di Kantor Pusat BKPM, Jakarta, Senin (19/9/2016).

‎Tom menambahkan, di saat pertumbuhan ekonomi tidak menentu maka investasi langsung merupakan instrumen yang paling penting yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, khususnya peningkatan pendapatan negara maupun meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB).

"Seluruh negara berkompetisi untuk mendapatkan investasi dan kepastian serta keamanan menjadi isu yang sangat penting yang menjadi concern investor. Para investor, tentunya sangat mengharapkan agar jaminan keamanan berinvestasi di Indonesia dapat benar-benar terwujud," jelas Tom.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Tito mengatakan, Polri memiliki tugas untuk mendorong investasi di Indonesia. Adapun langkah untuk mendorong investasi itu melalui penjaminan secara hukum dan keamanan sehingga investor tidak merasa takut atau cemas saat menanamkan investasinya di Tanah Air.

"Berpromosi tugas Pak Tom, juga jadi salesman. Silakan Pak Tom, tiga bulan ke luar negeri, untuk tarik orang (investor) ke sini, membuat agar perizinan mudah, dan mudah. Itu tugas Pak Tom. Kita memberikan kemudahan jaminan keamanan 100 persen yang diharapkan investor nyaman dalam beraktivitas," tegas Tito.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA