Ketua Komisi XI DPR Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Luar Jawa

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 11 Jul 2017 10:39 WIB
pemindahan ibukota
Ketua Komisi XI DPR Dukung Pemindahan Ibu Kota ke Luar Jawa
Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng menyambut baik rencana pemindahan Ibu Kota negara dari Jakarta ke luar Jawa. Secara pribadi, dia mendukung rencana tersebut untuk diwujudkan.

"Secara politik sih saya setuju," kata Mekeng di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 10 Juli 2017 malam.

Dia mengatakan saat ini Jakarta sudah sangat sesak dan padat penduduknya. Hal tersebut kata Mekeng, mempengaruhi suasana bisnis. Banyak investor atau pebisnis lebih memilih Hong Kong atau Singapura sebagai pusat bisnis mereka.

Belum lagi kemacetan yang melanda Ibu Kota Jakarta menyebabkan inefisiensi baik dari segi waktu maupun keuangan karena tentunya akan menghabiskan bahan bakar yang lebih banyak.

"Tanpa disadari kita itu bakar uang terus. Jadi memang sudah seharusnya dipikirkan memisahkan Ibu Kota yang mengurusi pemerintahan dan bisnis center," ujar politikus Golkar ini.

Sebagai contoh, kata Mekeng yakni Amerika Serikat yang memisahkan pusat pemerintahan dan juga pusat bisnis di mana pusat pemerintahan ada di Washington DC, sementara untuk pusat bisnis di New York.

Selain itu ada juga Australia yang Ibu Kotanya adalah Canberra sementara pusat bisnisnya di Sydney. Serta negara tetangga.

"Jadi buat saya itu sesuatu yang bagus," jelas dia.

 


(AHL)