Pemerintah dan BI Sepakat 5 Langkah Strategis Jaga Inflasi

   •    Selasa, 23 Jan 2018 14:06 WIB
inflasipertumbuhan ekonomiekonomi indonesia
Pemerintah dan BI Sepakat 5 Langkah Strategis Jaga Inflasi
Ilustrasi (MI/USMAN ISKANDAR)

Jakarta: Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menyepakati lima langkah strategis untuk mendukung upaya menjaga inflasi 2018 agar tetap berada dalam kisaran sasarannya 2,5-4,5 persen. Adapun Rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat secara khusus menyepakati lima langkah strategis.

"Yang pertama adalah menjaga inflasi volatile food maksimal di kisaran 4-5 persen dengan memastikan kecukupan pasokan pangan," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Selasa, 23 Januari 2018.

Langkah kedua yang dilakukan yaitu mengatur besaran dan waktu kenaikan kebijakan administered prices serta mengendalikan dampak lanjutan yang berpotensi timbul, dalam hal terdapat kebijakan penyesuaian administered prices.

Langkah strategis ketiga yaitu memperkuat koordinasi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia, antara lain melalui penyelenggaraan Rakornas Pengendalian Inflasi pada 2018 dengan tema 'Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Mendorong Momentum Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif serta Berkualitas'.

Langkah strategis keempat, memperkuat kualitas data untuk mendukung pengambilan kebijakan dan memperkuat bauran kebijakan Bank Indonesia untuk memastikan tetap terjaganya stabilitas makroekonomi.

"Inflasi yang rendah dan stabil berkontribusi positif pada upaya penguatan momentum pemulihan ekonomi dan perbaikan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Kelima, koordinasi kebijakan meliputi konsistensi kebijakan moneter dan fiskal dalam menjaga stabilitas inflasi serta penguatan koordinasi. "Ke depan, pemerintah dan Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat koordinasi dalam rangka mencapai sasaran inflasi jangka menengah sebesar 2,5-4,5 persen di 2019, serta 2-4 persen di 2020 dan 2021," kata Agusman.


(ABD)