Agus Enggan Komentar Kemungkinan Dipilih Lagi sebagai Gubernur BI

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 02 Feb 2018 21:30 WIB
bank indonesia
Agus Enggan Komentar Kemungkinan Dipilih Lagi sebagai Gubernur BI
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. (FOTO: medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Agus Martowardojo enggan mengomentari kemungkinan dirinya dipilih kembali menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Agus yang saat ini masih memimpin bank sentral akan habis masa tugasnya pada Mei 2018.

Menurut dia, saat ini fokus yang dikerjakan adalah menjaga kinerja BI agar tetap baik sampai masa tugasnya selesai. Sebelumnya, Agus menyampaikan jika masa transisinya tidak akan menganggu kinerja bank sentral.

"Saya ingin sampaikan bahwa betul saya akan selesai tugas di Mei 2018 dan saya akan menjaga, ingin meyakini semua terkait kinerja Bank Indonesia akan tetap terjaga baik," ujarnya ditemui di Kompleks Perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Februari 2018.

Dalam ketentuan yang ada, masa jabatan Gubernur dan Deputi Gubernur BI berlaku selama lima tahun dan dapat diangkat kembali dalam jabatan yang sama untuk sebanyak-banyaknya satu kali masa jabatan berikutnya.

Adapun Gubernur, Deputi Gubernur Senior, dan Deputi Gubernur diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2004 yang mengubah UU Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Agus menjabat Gubernur bank sentral sejak 24 Mei 2013 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/P tahun 2013. Dirinya menggantikan Darmin Nasution, yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian

Sebelumnya, Agus pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia, dari Mei 2010 sampai dengan april 2013. Dirinya juga memegang posisi kunci di beberapa bank terkemuka di Indonesia, termasuk sebagai  Presiden Direktur dan CEO PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

 


(AHL)


Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

Delegasi IMF Kembali Kunjungi Ikon Kota Denpasar

16 hours Ago

Mereka mengapresiasi inovasi dan community based yang sukses terbentuk di Tukad Bindu, ya…

BERITA LAINNYA