Pejabat Publik Diharap Turut Sukseskan Amnesti Pajak

Husen Miftahudin    •    Rabu, 21 Sep 2016 17:04 WIB
tax amnesty
Pejabat Publik Diharap Turut Sukseskan Amnesti Pajak
Hendropriyono saat deklarasi pajak. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Program amnesti pajak tak hanya menyasar para pengusaha yang memiliki harta berlimpah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) hingga pejabat publik pun diharapkan ikut memperbaiki pelaporan harta dalam amnesti pajak tersebut.

Sebagai mantan pejabat publik, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) era Presiden Megawati Soekarnoputri, Abdullah Makhmud Hendropriyono, pun meminta pejabat publik tak ragu menyukseskan program amnesti pajak dengan ikut serta.

Menurut dia, semua wajib pajak (WP) pasti memiliki administrasi pelaporan harta yang belum sempurna. Maka itu, program amnesti pajak menjadi kesempatan bagi para WP untuk memperbaiki pelaporan harta.

"Menurut saya tidak pandang bulu, semuanya harus. Jangan dipisahkan hanya pedagang yang harus ikut, semuanya harus ikut karena semuanya tidak mungkin administrasinya sudah benar, pasti ada administrasi yang terseok-seok juga," ujar Hendro usai melaporkan hartanya di Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Gedung Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016).

Ikut serta dalam amnesti pajak, menurutnya, juga berpartisipasi dalam meningkatkan perekonomian bangsa. Program ini pun menguntungkan para WP karena kedepannya usaha dan bisnis yang dijalankan para WP akan lebih mudah jika pelaporan hartanya sudah sesuai.

"Negeri kita saat ini sedang memerlukan partisipasi kita smua, kita harus gotong royong supaya kita sukses di dalam program ini. Ini strategi sangat bagus, karena tidak merugikan siapa-siapa. Kita untung, negara untung," imbuhnya.

Maka itu, dia berharap agar pengusaha dan pejabat publik turut serta menyukseskan program amnesti pajak. Karena dalam melaporkan harta, sang penyelenggara Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memberi kemudahan.

"Saya harapkan secepatnya menggunakan hak ini. Ini sebetulnya banyak banyak hak karena tidak ada kerugian. Bagaimana caranya juga tidak susah, bahkan saya bisa isi sendiri. Tapi semua dengan jujur, kalau tidak jujur ujung-ujungnya juga jelek," tegas Hendro.

DJP melalui laman resminya mencatat, hingga hari ini jumlah deklarasi harta amnesti pajak tembus Rp1.134 triliun atau mencapai lebih dari 25 persen dari target yang ditetapkan sebanyak Rp4.000 triliun.

Sementara uang tebusan Surat Pelaporan Hata (SPh) yang berhasil dikumpulkan Ditjen Pajak sebanyak Rp27,2 triliun. Surat Setoran Pajak (SPP) sebanyak Rp32,1 triliun, serta repatriasi sebesar Rp58,7 triliun. Sedangkan jumlah WP yang telah mengikuti program amnesti pajak sudah sebanyak 99.249 orang.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA