Perbaikan Sistem IT, Kunci Reformasi Perpajakan

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:06 WIB
perpajakan
Perbaikan Sistem IT, Kunci Reformasi Perpajakan
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Metrotvnew.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan yang paling perlu diperbaiki dalam rangka reformasi perpajakan nasional yakni sistem informasi tekologi (IT).

Menurut Darmin, dengan adanya IT juga bisa meminimalisir tindakan penyelewengan hukum yang dilakukan pegawai pajak untuk memperkaya diri sendiri dan kepentingan golongannya.

Baca: Sri Mulyani akan Bentuk Tim Khusus Urus Reformasi Perpajakan

"Itu pasti ada (jaringan kepentingan kekuasaan), memang kalau saya bilang IT, ada beberapa yang memang krusial dibuat supaya kesempatan itu minim," kata Darmin, di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2016).

Sebenarnya, Darmin menjelaskan reformasi ini sudah ada sejak dirinya menjabat namun nyatanya tidak tuntas, maka efek yang dirasakan saat ini tak terlalu bagus.

Baca: OECD Sarankan Pemerintah Indonesia Lakukan Reformasi Perpajakan

Di akhir periodenya menjabat sebagai Dirjen Pajak di 2009, Darmin bekerja sama dengan Bank Dunia untuk membuat sistem IT setara dengan kantor-kantor pajak terkemuka di dunia dan sudah hampir selesai rancangannya.

"Saya ingat itu 2009, itu tahun terakhir di sana. Harusnya 2013 tuntas rencananya, tapi saya sendiri pindah ke BI dan sayangnya pelaksanaan program besar itu enggak berjalan, karena semua lelangnya selalu gagal," jelas dia.


(AHL)