BI Yakin Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Tercapai

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 11 Nov 2017 10:56 WIB
pertumbuhan ekonomi
BI Yakin Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Tercapai
Gubernur BI Agus Martowardojo. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Surabaya: Bank Indonesia (BI) menilai jika realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III yang di bawah ekspektasi adalah bagian dari pemulihan ekonomi. Memang sejak beberapa tahun belakangan ini ekonomi Indonesia tumbuh melambat meskipun lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

"Kalau seandainya pemerintah targetkan (2017) 5,4 persen itu sejalan. Jadi kondisi kuartal III-2017 adalah bagian pemulihan ekonomi Indonesia menuju ekonomi yang lebih baik," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo saat agenda ISEF 2017, di Surabaya, seperti diberitakan Sabtu 11 November 2017.

Dirinya menambahkan, sejumlah indikator ekonomi seperti investasi dan kinerja ekspor sebenarnya telah mengalami perbaikan dibandingkan tahun lalu. Hanya saja tingkat konsumsi yang biasanya memiliki porsi terbesar dalam mempengaruhi perekonomian belum tumbuh seperti yang diharapkan.

Selaku otoritas moneter, BI telah mendorong ekonomi tumbuh lebih baik dengan menurunkan suku bunga acuan berturut-turut pada Agustus dan September. Saat ini suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate menjadi 4,25 persen atau mengalami penurunan sebanyak 50 basis poin dari posisi sebelumnya.

"Itu akan membantu tumbuhnya ekonomi karena dengan bisa dilakukan penyesuaian, ada transmisi daripada kebijakan berupa bunga atau saluran kredit itu akan membawa prospek lebih baik pada ekonomi Indonesia," jelas dia.

Oleh karena itu, Agus meyakini jika pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen dapat dicapai sejalan dengan target pemerintah. Pasalnya penurunan suku bunga acuan dapat menurunkan suku bunga perbankan, meningkatkan permintaan kredit hingga pada akhirnya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kami confident dengan ekonomi Indonesia dan pesan confident itu yang ingin kami sampaikan. Kita perlu bersama-sama berupaya untuk lakukan kegiatan ekonomi dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Kalau seandainya pemerintah targetkan 5,4 persen itu sejalan," pungkasnya.

 


(AHL)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA