Investor Eropa Diimbau Manfaatkan Momen Pilkada Serentak

Desi Angriani    •    Kamis, 08 Feb 2018 14:29 WIB
investasibkpmpilkada 2018
Investor Eropa Diimbau Manfaatkan Momen Pilkada Serentak
Ilustrasi. (Foto: Antara/Prasetyo Utomo).

Jakarta: Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengimbau para investor Uni Eropa (UE) untuk memanfaatkan momen pilkada serentak yang digelar di 171 daerah tahun ini. Pasalnya UE merupakan negara keempat terbesar yang berinvestasi di Indonesia setelah Jepang, Singapura, dan Tiongkok.

Deputi bidang Iklim Investasi BKPM Farah Ratnadewi Indriani mengatakan momen pilkada dapat menjadi peluang bagi investor untuk memanfaatkan fasilitas investasi.

"Tahun politik saya paham pasti investor wait and see tapi pilkada akan menjadi kesempatan untuk memberikan semangat baru yang akan memberikan fasilitas invstasi yang lebih baik ke depannya," katanya dalam paparan outlook ekonomi dan investasi 2018 di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis, 8 Februari 2018.

Menurutnya kontribusi Eropa terhadap investasi dalam negeri telah membuka banyak lapangan pekerjaan. Tercatat investasi Eropa di Indonesia mencapai USD3,2 miliar atau 10 persen dari total realisasi investasi 2017 yang sebesar Rp692,8 triliun. Bahkan angka itu tumbuh 20 persen dari realisasi investasi pada 2016.

Sementara untuk investasi dari Uni Eropa, Belanda, dan Inggris menjadi negara yang menyumbang kontribusi terbesar masing-masing 41 persen dan 24 persen dari total investasi.

"Tren bagus ini tidak hanya diperlihatkan oleh negara mainstream tapi juga negara-negara lain seperti Polandia dan Denmark," imbuh dia.

Kepala BKPM Thomas Lembong menambahkan kontribusi dari pelaku usaha Eropa maupun Uni Eropa telah membantu pertumbuhan ekonomi dan mendukung percepatan serta perbaikan iklim ekonomi dan investasi Indonesia.

Pemerintah juga terus mempercepat implementasi paket deregulasi untuk memberikan kemudahan bagi dunia usaha. "Hal ini terlihat jelas dari peran aktif pengusaha UE yang turut serta dalam memberikan masukan terkait paket deregulasi sehingga membantu pemerintah keluar dari middle income trap," kata Lembong.

 


(AHL)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

1 day Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA