Diajak Jokowi Diskusi Ekonomi, Sutrisno Bakal Jadi Ketua KEIN?

Desi Angriani    •    Kamis, 10 Sep 2015 18:35 WIB
komite ekonomi nasional
Diajak Jokowi Diskusi Ekonomi, Sutrisno Bakal Jadi Ketua KEIN?
Ketua Majelis Pertimbangan PAN Sutrisno Bachir. (FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Ketua Majelis Pertimbangan PAN Sutrisno Bachir menjadi anggota Komite Ekonomi dan Industri (KEIN) menyusul bergabungnya PAN ke pemerintah.

Akankah Sutrisno mengomandoi lembaga yang dulu bernama Komite Nasional Ekonomi (KEN) ini? "Kan belum tahu nanti Presiden yang atur, saya bagian dari itu," ujar Sutrisno seusai menghadap Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Pengusaha batik ini menampik bahwa pembentukan KEN lantaran PAN memutuskan gabung ke Koalisi Indonesia Hebat. Menurutnya, lembaga ini bertujuan mempercepat pembangunan perekonomian nasional.

"Bukan sebagai pengurus PAN, saya pribadi," kilah dia.

Sutrisno menjelaskan, pemerintah tengah menyiapkan Perpres pembentukan KEIN. Rencananya KEIN beranggotakan 20 orang. Mereka terdiri dari pengusaha, industrialis dan pakar ekonomi.

"Masih cari anggota, sekitar 20 orang. Ada Pak Haryadi Sukamdani, Tri Wardani, Hendri Saparini, Agus Pambagio dan sebagainya. Nanti diseleksi," ungkap Sutrisno.

Secara terpisah, Presiden Joko Widodo membenarkan kerap berdiskusi dengan Sutrisno. Dia pun meminta mantan Ketum PAN ini sebagai anggota KEIN. Namun dirinya belum memutuskan apakah KEIN bakal dipimpin Sutrisno.

"Tadi baru masukan-masukan dari Pak Sutrisno, nama-nama tapi belum. Masih kita godok lagi. Ya kita ingin bentuk Komite Ekonomi dan Industri Nasional," kata Jokowi.

Sekadar diketahui, KEIN adalah sebuah lembaga non-kementerian yang bertugas untuk membantu presiden dalam mempercepat pembangunan perekonomian nasional, Anggaran yang berkenaan dengan kegiatan KEIN akan dibebankan kepada bagian dari anggaran Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dulu KEIN yang bernama KEN ini dipegang Chairul Tanjung dengan posisi Wakil Ketua Raden Pardede, Sekretaris Aviliani. Sedangkan para anggota KEN, antara lain, Didik J Rachbini, James T Riady, Pieter Gontha, Chris Kanter, Erwin Aksa, Sandiaga Uno, Purbaya Yudhi Sadewa, Ishadi, dan masih banyak lainnya.


(AHL)