Diskusi Amnesti Pajak DJP dan Selebriti di Malam Hari

Suci Sedya Utami    •    Sabtu, 18 Mar 2017 09:53 WIB
tax amnesty
Diskusi Amnesti Pajak DJP dan Selebriti di Malam Hari
Pihak DJP saat berinteraksi dengan para selebriti. (FOTO: MTVN/Suci Sedya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menggelar dialog amnesti pajak bersama selebriti Jumat malam 17 Maret 2017.

Namun beberapa selebriti yang diundang, batal hadir seperti Titi DJ dan Donna Agnesia. Sedangkan selebriti yang hadir di antaranya Raffi Ahmad, Dwiki Dharmawan, Mongol Stand Up, serta Mila Rosa.

Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan banyak orang mengatakan pekerja seni yang di dalamnya termasuk selebriti merupakan wajib pajak orang pribadi yang penghasilannya disetor sendiri atau langsung dipotong oleh pemberi kerja.

Namun terkadang banyak mendapat kesulitan karena tidak mendapatkan informasi yang lengkap. Akhirnya banyak kesalahan atau kekeliruan pada laporan pajaknya. Oleh karena itu Ken mengimbau agar selebriti ikut memanfaatkan tax amnesty yang tersisa dua minggu lagi.



"Memang enggak berat kalau enggak ikut, sanksinya pasal 18 UU pengampunan pajak," kata Ken di Kantor DJP, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama mengatakan dialog ini diadakan dalam rangka menyukseskan tax amnesty yang mana Indonesia dianggap negara yang tersukses di dunia dalam menerapkan terbaru.

"Tentunya DJP enggak bisa menyukseskan sendiri, tentunya perlu sinergi stakeholder yang ada di sini. Kita berharap dua minggu lagi, kita harapkan bisa memanfaatkan," jelas dia.

Sementara itu, Dwiki pun mengakui banyak dari pekerja seni atau selebriti yang tidak memiliki pengetahuan pajak secara benar. Namun dia tak sependapat jika ada anggapan pekerja seni malas bayar pajak.

"Enggak ada yang malas, tapi pengetahuannya yang minim," ujar Dwiki.


(AHL)