BPS Optimistis Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% Bisa Dikejar

Suci Sedya Utami    •    Senin, 07 Aug 2017 20:51 WIB
ekonomi indonesia
BPS Optimistis Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% Bisa Dikejar
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Capaian pertumbuhan ekonomi kuartal II sebesar 5,01 persen membuat akumulasi pertumbuhan ekonomi sepanjang semester I-2017 tercatat 5,01 persen.

Padahal, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017, pertumbuhan ekonomi ditargetkan sebesar 5,2 persen atau meningkat dari APBN induk 5,1 persen.

Artinya, pada semester II ekonomi harus tumbuh setidaknya 5,2 persen jika ingin mencapai target. Lantas, mampukah  dalam waktu enam bulan Indonesia mengejar pertumbuhan tersebut?

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto masih yakin angka tersebut bisa tercapai. Kendati memang diakui pada saat menaikkan target, pemerintah tak mengira bahwa akan ada penurunan harga komoditas.

"Waktu merevisi kita enggak duga, tapi saya tetap optimistis," kata Suhariyanto di kantor pusat BPS, Jakarta Pusat, Senin 7 Agustus 2017.

Dia bilang ada beberapa faktor yang diyakini masih menjadi motor bagi ekonomi Salah satunya yakni pergeseran dan dampak dari pencairan gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan.

Menurut Suhariyanto, pergeseran tersebut akan memberikan kontribusi bagi konsumsi pemerintah yang pada kuatal II mengalami pelemahan.  

"Kita masih punya simpanan gaji ke-13, itu ke konsumsi pemerintah bagus," tutur dia.


(SAW)