Ekonomi Indonesia Harus Tumbuh 5,4% di Semester II-2017

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 08 Aug 2017 18:52 WIB
pertumbuhan ekonomiekonomi indonesiaapbn 2017
Ekonomi Indonesia Harus Tumbuh 5,4% di Semester II-2017
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebut untuk mengejar target pertumbuhan hingga akhir tahun sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 maka di sisa waktu semester II ekonomi harus tumbuh 5,4 persen.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, hal itu menjadi penting sebab dalam APBNP 2017 pertumbuhan ekonomi ditargetkan sebesar 5,2 persen. Sedangkan, pada semester I-2017, pertumbuhan ekonomi hanya tercatat 5,01 persen.

"Artinya, untuk kejar target 5,2 persen berarti kita harus tumbuh 5,4 persen di semester II-2017," kata Bambang, ketika ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa 8 Agustus 2017.

Bambang mengatakan, pemerintah meyakini untuk mencapai target tersebut maka investasi akan menjadi tumpuan. Investasi diharapkan bisa tumbuh di atas lima persen atau membaik dibandingkan dengan kuartal dan semester sebelumnya.

"Kami melihat ini mudah-mudahan pengaruh investasi lebih besar di semester  dua, dan pertumbuhannya makin besar. Mudah-mudahan tingkat realisasi investasi dari PMA, PMDN, maupun dari BUMN. Pemerinyah sendiri yang belanja modal itu akan lebih terakumulasi di semester dua dan ikut membantu pertumbuhan," ujar dia.

Adapun dirinya tidak berharap terlalu tinggi terhadap konsumsi rumah tangga. Namun setidaknya pemerintah bisa menjaga agar stabil. Dia berharap konsumsi bisa dijaga di level lima persen. Pihaknya mencoba memformulasikan beberapa sektor penggerak pertumbuhan ke depan seperti properti dan komoditas yang bisa meningkatkan lapangan kerja serta daya beli.

 


(ABD)