Menkeu Ingin Pembangunan Infrastuktur Dongkrak Potensi Wisata

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 26 Jul 2017 07:47 WIB
pariwisatainfrastrukturpariwisata indonesia
Menkeu Ingin Pembangunan Infrastuktur Dongkrak Potensi Wisata
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan jika pembangunan infrastruktur harus merata ke seluruh Indonesia. Tak terkecuali infrastruktur yang dapat menunjang potensi wisata di Indonesia.

Beberapa waktu lalu Sri Mulyani sempat mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Menurut dia keindahan salah satu lokasi wisata di timur Indonesia itu belum memadai sehingga belum maksimal memberi penerimaan negara dari sektor pariwisata.

"Sayangnya infrastrukturnya masih tertinggal jika dibandingkan dengan wilayah lain. Padahal daerah tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan penerimaan negara terutama dari wisatawan," ujarnya di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa malam 25 Juli 2017.

Dirinya menambahkan, pembangunan infrastruktur sebenarnya memberikan banyak dampak positif bagi penerimaan negara. Oleh karena itu pemerintah sangat berkonsentrasi untuk meningkatkan investasi di sektor infrastruktur demi pemerataan.

"Infrastruktur mampu memberikan income bagi negara, selain meningkatkan kesejahteraan penduduk. Investasi di infrastruktur adalah keharusan dan kebutuhan bukan kemewahan. Indonesia tertinggal cukup lama untuk membangun infrastruktur," jelas dia.

Meski sudah puluhan tahun berdiri, Indonesia ternyata masih belum mampu mengejar ketertinggalan infrastruktur. Bahkan Presiden Joko Widodo dihadapkan pada bagaimana pemerintah mampu mengenjot pembangunan infrastruktur.

"18 tahun yang mana Indonesia tidak mampu mengejar ketertinggalan infrastruktur. Tapi di era pemerintahan saat ini, pembangunan infrastruktur sudah mulai digenjot dan terlihat hasilnya, termasuk wisatawan di Labuan Bajo yang sudah mulai tumbuh secara perlahan," pungkasnya.


(ABD)